Sejarah Liga Inggris

Bagi penggemar sepakbola di seluruh dunia pasti tidak asing lagi dengan Liga Inggris.Liga terbaik di dunia saat ini,liga yang dihuni banyak pemain bintang kelas dunia dari seluruh penjuru dunia.Kita selalu disuguhkan permainan-permainan cepat dan menawan,sehingga sangat menarik buat kita saksikan,pertandingan-pertandingan Liga Inggris selalu ditunggu para penggemarnya diseluruh dunia.
Prmier league Inggris

Liga Inggris merupakan Liga tertua di dunia,awal mula kegiatan sepakbola memang dari sana.Sehingga Inggris sering disebut sebagai tempat kelahiran permainan sepakbola.Berdasarkan sejarah klub sepakbola Sheffield FC yang  menjadi klub tertua didunia ini berasal dari Inggris,selain itu,di Inggris juga menjadi tempat The Footbal Association,Badan Pengatur Sepakbola tertua didunia,Liga nasional tertua,Tim Nasional prtama,serta kompetisi yang memiliki sistem gugur Nasional tertua.

Sepakbola modern beserta peraturannya di kodifikasi secara global untuk pertama kalinya di tahun 1863 di kota London,dan berpengaruh besar terhadap perkembangan aturan permainan sepakbola sekarang ini.Latar belakang pengkodifikasian tersebut adalah untuk mempersatukan sepakbola di Universitas dan Sekolah umum di Inggris.

Sepakbola mulai dimainkan di negara Inggris sejak abad pertengahan.Bukti tertulis dari tahun 1170 yang menyatakan hal tersebut ditemukan,di bukti tulisan tersebut William Fitzstephen menulis mengenai kunjungannya ke London yang mana dalam tulisan tersebut di gambarkan jika sesudah makan malam seluruh pemuda kota pergi ke ladang untuk bermain bola yang sangat populer.

Pada tahun 1314 Raja Inggris Edward II juga menceritakan mengenai olahraga sepakbola serta penggunaan bola.Untuk aturan pertama dibuat pada tahun 1848,yaitu aturan Cambridge di Universitas Cambridge,dan aturan ini juga banyak berpengaruh pada perkembangan aturan sepakbola di masa selanjutnya.
Sejarah Liga Inggris

Awalnya,pada tahun 1850-an sepakbola di Inggris tidak memiliki peraturan yang seragam.Masing-masing klub bermain dengan dengan aturannya sendiri.Pada tahun 1863,berlangsung pertemuan yang kemudian membentuk Assosiasi Sepakbola(FA) yang bertempat di London.Masing-masing aturan yang kemudian aturan tersebut dirangkum olef FA.

Sementara itu Tim nasional Inggris meraih kemenangan pertama kali ketika bertanding melawan Skotlandia dengan raihan skor 4-2 pada tanggal 8 Maret 1873.Di akhir abad ke-19 tumbuh perpecahan antara tim profesional dan tim amatir hingga kemudian FA mengesahkan profesionalisme di tahun 1885.

Pada tahun 1888 ada pertemuan antara William McGregor,Direktur Aston Villa dengan wakil-wakil klub terkemuka yang ada di Inggris.Pertemuan itu menjadi awal adanya pembentukan The Football League,dan dimusim perdana 1888-1889 Preston North End menjadi juara serta klub pertama  yang meraih gelar juara Piala FA dan juara liga.Prestasi tersebut disusul pula oleh Aston Villa dimusim 1896-1897.

Setelah serangkaian diskusi panjang yang dilakukan oleh pihak penyelenggara liga Inggris,pemain,dan pihak broadcaster televisi,klub-klub di divisi satu mengundurkan diri dari The Football League pada Mei 1992 karena ketidakpuasan tim-tim elit Inggris terhadap pemasukan dari hak siar yang mereka dapatkan dan sebagai jawabannya akhirnya Premier League terbentuk.
Kapten seluruh klub Premier League
Baca juga; Sejarah Liga Italia Serie A

Kala itu ada 22 klub yang berpartisipasi,yaitu Arsenal,Aston Villa,Blackburn Rovers,Chelsea,Conventry city,Crystal Palace,Everton,Ipswich Town,Leeds United,Liverpool,Manchester City,Manchester United,Middlesbrough,Norwich City,Nottingham Forest,Oldham Athletic,Queen Park Rangers,Sheffield United,Sheffield Wednesday,Southampton,Tottenham Hotspur,dan Wimbledon.

Sampai saat ini hanya Arsenal,Chelsea,Everton,Liverpool,Manchester United,dan Tottenham Hotspur yang tak pernah terdegradasi dari Premier League.Pada setiap akhir kompetisi,3 peringkat terbawah akan terdegradasi,dengan 3 klub dari divisi dibawahnya,yaitu Football League Championship promosi ke Premier League menggantikan 3 tklub tersebut.

Pengecualian terjadi pada musim 1994-1995 ketika pihak liga memutuskan untuk mrngurangi jumlah klub yang berpartisipasi di Premier League menjadi 20 klub saja.Sebagai akibatnya,Crystal Palace ikut terdegradasi bersama dengan 3 klub dibawahnya di akhir musim 1994-1995.Dengan hanya 2 klub saja yang promosi ke Premier League dari Divisi Championship.

Terkecuali di musim awalnya 1992-1993,setiap musimnya di Premier League selalu memiliki sponsor yang diselipkan disetiap nama Premier League.Sejak musim 1993-1994 atau musim kedua Premier League,Divisi tertinggi liga utama Inggris ini dikenal dengan sebutan FA Carling Premiership,yang kemudian sponsor ini diganti kembali pada tahun 2001 hingga 2004 sebagai Barclaycard.

Sebutan untuk kompetisi ini kembali berganti menjadi FA Barclays Premiership,yang kemudian berganti kembali menjadi Barclays Premier League hingga musim 2007-2008.Musim 2015-2016 merupakan musim terakhir Premier League ini menggunakan sponsor.Mulai musim 2016-2017 dan seterusnya Premier League Inggris ini hanya akan disebu Premier League saja.
Manchester United winners 1992-1993

Manchester United menjadi klub pertama yang berhasil meraih gelar juara Premier League.Mereka meraih titel gelar Liga Inggris tersebut musim 1992-1993 dengan keunggulan 10 poin dari Aston Villa di peringkat kedua.Setelahnya Manchester United begitu dominan dengan raihan 13 kali juara Premier League.

Blackburn Rovers berhasil mengikis dominasi dari Manchester United,dengan menjuarai Premier League satu kali pada musim 1994-1995,sementara Arsenal yang selalu menjadi rival Manchester United,hanya mampu meraih 3 gelar,yaitu di musim 1997-1998,2001-2002,2003-2004.Chelsea meraih 4 gelar yaitu musim 2004-2005,2005-2006,2009-2010,dan terakhir 2014-2015.Manchester City meraih 2 gelar yaitu musim 2011-2012,dan 2013-2014.Sedangkan Leicester City merupakan juara musim 2015-2016,Juara yang mengejutkan banyak pihak,dan itu merupan gelar pertama dalam sejarah klub Leicester City.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sejarah Liga Inggris"

Post a Comment